Rahasia Verifikasi PayPal 728x90

28/12/13

Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer

Dapet Duit Dari Twitter 728x90

Di artikel kali ini, kami akan membahas Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer. Ada 4 tipe kabel jaringan, yaitu :
1. Kabel Coaxial
2. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
3. Shielded Twisted Pair (STP)
4. Kabel Serat Optik (Fiber Optik)

Wokeh, mari kita bahas satu persatu jenis-jenis kabel jaringan komputer

1. Kabel Coaxial
Pertama-tama liat dulu gambarnya sob, biar gk salah.

Kabel Coaxial banyak digunakan di jaringan lokal seperti warnet, karena biaya pembangunan jaringannya relatif murah, biasanya kabel ini digunakan pada topologi ring. Kabel coaxial menyediakan perlindungan cukup baik dari cross talk dan electrical interference (berasal dari petir dan sistem radio) karena terdapat semacam perlindungan logam/metal dalam kabel tersebut. Kabel coaxial hanya dapat mempunyai transfer rate data maximum 10 Mbps.

2. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kayak gini bentuknya sob,
Unshielded Twisted Pair (UTP)

Dan ini perbedaannya dengan Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel UTP bentuknya dililit satu sama lain agar mengurangi interferensi(basa apa nih ?) antar kabel. Kabel ini diduga kuat mampu mentransfer data dengan kecepatan 10 Mbps hingga 100 Mbps tapi jaraknya pendek, paling panjang 100 meter.

3. Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel jenis ini bentuknya memang sama dengan UTP, hanya yg membedakan adalah adanya pelindung kabel dan konstruksi kabel shielded ini memiliki selubung tembaga atau aluminium foil yang khusus dibuat untuk mengurangi gangguan elektrik. Untuk kekurangannya, kabel ini agak lebih mahal dari kabel UTP dan lebih tebal sehingga susah untuk untuk penangannya.

4. Kabel Serat Optik (Fiber Optik)

Kabel Fiber Optic adalah saluran transmisi data yang dibuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Cahaya yang ada di dalam serat optik sulit keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Liat penampakannya dulu bro
Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik
Kelebihan dari Fiber Optic di banding media kabel lainnya adalah dalam hal kecepatan transfer datanya yang sangat tinggi. Selain itu, Fiber Optic mampu mentransfer data pada jarak yang cukup jauh yaitu 2500 meter lebih tanpa bantuan perangkat Repeater, kabel ini tahan terhadap panas, ukuran kecil dan ringan. Kelebihan lainnya yaitu tahan terhadap interfensi dari frekuensi – frekuensi liar yang ada di sepanjang jalur instalasi.

Kelemahan Fiber Optic ada pada tingginya tingkat kesulitan proses instalasinya dan mahalnya harga kabel Fiber Optic ini, Mengingat media ini menggunakan gelombang cahaya untuk mentransmissikan data maka Fiber Optic tidak dapat di install dalam jalur yng berbelok secara tajam atau menyudut. Jika terpaksa harus berbelok, maka harus di buat belokan yang melengkung.

Wokeh, kita sampai disini dulu ya artikel tentang jenis-jenis kabel jaringan komputer. and the last thank you :D

sumber :
newsinfopedia.org
it-artikel.com
mbah-google.com

Dapet Duit Dari Twitter Vol. 2 728x90
Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Nube Warrior Affiliate Amazon Video Course Series 728x90

Categories

Popular Posts